Perhitungan Biaya Renovasi Rumah

Perhitungan Biaya Renovasi Rumah

Perhitungan Biaya Renovasi Rumah

Sebenarnya, mudah sekali dalam menghitung berapa biaya yang diperlukan dalam merenovasi rumah. Nah, dalam artikel kali ini jasa arsitek rumah murah akan sampaikan beberapa tips tentang cara menghitung sendiri biaya renovasi rumah, berikut adalah :

  1. Biaya bongkar-pasang

Biaya ini meliputi biaya tenaga dan juga biaya material yang digunakan sebagai pengganti atau menambal bongkaran yang sengaja dirusak sebelumnya.

  1. Biaya konstruksi

Biaya konstruksi meliputi biaya tenaga kerja dan material dan juga biaya sewa penggunaan alat-alat konstruksi. Alat-alat konstruksi dalam merenovasi diantara lain berwujud scaffolding atau peracah atau steger, terbuat dari bambu, kayu bekas ataupun juga bisa berbentung rangkaian besi, traktor penguruk atau pembongkar yang dikenal backhoe, mesin perata tanah, dan lain sebagainya. Semakin besar nilai suatu proyek konstruksi, biasanya semakin rumit juga alat-alat konstruksi ini.

Jumlahkan seluruh komponen biaya RAB pada no 1 dan no 2 tadi. Hasil dari penjumlahan ini disebut yakni SUB TOTAL 1, jadi no 1 dan 2 dijumlahkan, dan jumlahnya yaitu SUB TOTAL 1.

  1. Biaya jasa kontraktor

Biaya besarnya yaitu 10 % dari SUB TOTAL 1 dan komponen 3. Hasil dari penjumlahan ini disebut SUB TOTAL 2. Jadi SUB TOTAL 1+3= SUBTOTAL 2.

  1. Biaya PPn dan PPH, besar biayanya sekitar 1.5% dari SUB TOTAL 2. Jumlahkan SUB TOTAL 2 dengan biaya PPn dan PPH. Hasil akhirnya disebut RAB TOTAL.. [PPn+PPH]+SUB TOTAL 2= TOTAL.

Nah, itulah informasi dari jasa arsitek rumah mewah yang saya berikan semoga bermanfaat. Terima Kasih