Cara Untuk Memperbaiki Kerusakan Pada Genset

Cara Untuk Memperbaiki Kerusakan Pada Genset

Jenis kerusakan yang sering terjadi pada mesin genset dan juga solusinya, sekarang –sekarang ini sering terjadi pemadaman listrik oleh PLN baik di kota besar maupun di daerah pedesaan. Jika itu terjadi pasti banyak pekerjaan anda yang akan tertunda, terutama yang menggunakan alus listrik, salah satu cara adalah dengan menggunakan genset agar alus listrik tetap mengalir. Tetapi genset sering kali mengalami kerusakan bahakan tidak bisa di hidupkan. Berikut ini ada petunjuk untuk memperbaiki genset sendiri.

5

Di bawah ini mungkin beberapa kerusakan yang sering terjadi pada genset anda dan berikut solusi untuk memperbaikinya :

  • Gangguan pada penggerak awal mesin genset diesel

Genset yang dengan penggerak di awal mesin harus di lengkapi dengan pengaman agar adanya tekanan balik , genset perlu di lengkapi dengan dari gangguan monitoring. Jika terjadi pada saat penggerak awal maka akan terjadi daya balik pada kumparan stator sehingga genset harus di lengkapi juga dengan relai daya balik, karakteristik tunda waktu balik.

  • Terjadinya gangguan hilang penguatan

Meskipun ini jarang terjadi tetapi gangguan ini juga dapat mengganggu kinerja dari genset yang bersifat fatal. Untuk itu genset juga perlu dilengkapi dengan pengaman terhadap hilang penguatan.

  • Gangguan terjadinya karena kelebihan arus

Yang menyebabkan gangguan arus lebih yaitu sering terjadinya hubungan singkat atau beban lebih, kebanyakan genset saat ini sudah dibuat supaya mampu bertahan atas arus lebih tapi tidak dianjurkan terlalu lama.

  • Gangguan terhadap putaran lebih

Penurunan beban yang mendadak akan menimbulkan putaran lebih pada genset, tetapi juga genset sudah dilengkapi dengan perangkat seperti governor yang berguna untuk menutup katup yang  darurat agar tidak terjadi putaran yang berlebihan.

  • Gangguan terhadap isolasi

Banyak sekali faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya hubungan isolasi, kegagalan isolasi pada kumparan akan menimbulkan hubungan singkat baik di dalam kumparan maupun antar kumparan atau dengan inti besi. Faktornya antara lain yaitu system pendingin akan rusak, jika terjadinya tegangan lebih, kemudian panas yang berlebihan pada kumparan dan juga akan menyebabkan kerusakan pada system ventilasi.

Ada juga kerusakan pada genset seperti :

  1. Mesin tidak bisa dinyalakan :

Bisa saja dari baterai lemah atau mati , anda bisa menggantinya dengan yang baru

Kawat listrik bisa saja terlepas atau juga putus, perbaiki atau kokohkan sambungan-sambungannya

Jika motor stater rusak harus ganti dengan yang baru

Kalau tekanan udara di tangki terlalu rendah,isi dengan udara tekan

  1. Mesin dapat di-start tetapi tiba-tiba mati

Air di dalam tangki bahan bakar Buang air kemudian udara dari dalam tangki lalu pipa bahan bakar

Bersihkan jika lubang vertilasi tangki bahan bakar tersumbat

Itu lah beberapa solusinya , semoga bisa bermanfaat. untuk mengetahui lebih dalam tentang genset bisa kunjungi kami http://hartech.co.id